Rabu, 13 Agustus 2014

Kotaku Mojokertoku

Assalamualaikum wr. wb semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dan barakah dari Allah untukmu

Hallo sobat dunia maya, judul postingan saya kali ini bertopik Kotaku Mojokertoku. silahkan disimak ya semoga bermanfaat

Mojokerto merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, terdiri dari18 kecamatan. 























Mojokerto terkenal dengan makanannya yang enak dan bergizi contohnya Onde-onde, makanan berbentuk bulat berlapis butiran wijen ini sangatlah terkenal dengan rasa enak dari kacang ijo didalamnya. rasanya yang gurih dan menggoda selera membuat jajanan khas mojokerto ini banyak diburu oleh orang-orang dari luar maupun dalam mojokerto. 






nah selain terkenal dengan jajanannya yang nikmat di lidah, Mojokerto juga terkenal dengan daerah pariwisatanya yang indah dan memukau, diantaranya Candi Bajangratu yang merupakan salah satu tempat wisata di mojokerto ini terbuat dari batu bata merah dan memiliki ketinggian lebih dari 16,1 meter dengan lebar 6 meter dan memiliki panjang 6,74 meter, bentuk candi ini seperti bangunan gapura paduraksa yang memiliki sayap kanan dan kiri.

Dalam candi ini juga dihiasi oleh relief kepala garuda, matahari yang diapit naga, kepala kala yang diapit singa dan binatang yang bertelinga panjang. Pada bagian sayap terpahat relief cerita Rama dan pada bagian kaki candi terpahat relief cerita Sritanjung.

Sebenarnya candi ini masih memiliki hubungan dengan Raja Jaya Negara. Fungsi dari Candi Bajang Ratu adalah sebagai gapura pintu masuk bangunan suci. Lokasi candi ini berada di Desa Temon Kecamatan Trowulan.

Candi Jalatunda letaknya berada di lereng Gunung Bekal, yang merupakan salah satu puncak dari pegunungan Penanggungan. Tepatnya di Desa Seloliman Kecamatan Trawas. Bangunannya terbuat dari batu kali dengan ukuran panjang 16,85 m lebar 13,52 m tinggi 5,20 m. Menurut data sejarah candi ini menunjukkan angka tahun 977 M, dan di sebelah kiri dinding belakang candi terdapat tulisan GEMPENG,disamping itu di sebelah sudut tenggara juga ada tulisannya.


Menurut ahli sejarah dikatakan bahwa candi ini merupakan petirtaan yang dipersiapkan untuk Raja Udayana yaitu raja Bali yang mempersunting putri Gunapriyadharmapatni dari Jawa dan dari hasil perkawinan ini pada tahun 991 lahirlah Airlangga. Jadi tahun 997 menunjukkan tahun pembuatannya. Sekarang difungsikan sebagai tempat wisata di mojokerto yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang suka dengan sejarah.

TERIMA KASIH SUDAH MAMPIR
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar